Dewan Minta PAD Sektor Pariwisata Dikelola dengan Maksimal

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan meminta agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dapat dimaksimalkan, supaya menunjang pendapatan daerah, sehingga bisa berkontribusi bagi pembangunan daerah. Hal ini diungkapkan oleh anggota DPRD Seruyan Dra Hj Masfuatun.

Ia mengatakan, potensi sektor pariwisata yang dimiliki Kabupaten Seruyan cukup banyak. Hanya diperlukan pengelolaan yang baik, sehingga bisa berkontribusi bagi daerah.

“Contohnya tempat wisata di Desa Sungai Bakau. Yangmana, disetiap tahun kunjungan masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah Kabupaten Seruyan selalu meningkat. Ini peluang besar bagi daerah dalam mendongkrak PAD,”ujarnya.

Politisi PPP ini menerangkan, bahwa masih banyak sarana dan prasarana yang belum dilengkapi untuk menarik para wisatawan agar lebih banyak lagi untuk berkunjung ke lokasi wisata Pantai Sei Bakau. Bahkan, kolam renang yang sudah dibangun juga belum bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Padahal, keberadaan kolam renang ini juga merupakan salah satu aset yang dapat menarik pangunjung. Sehingga, dengan demikian maka dari situ juga akan dapat menambah pemasaukan bagi pendapatan daerah. “Sangat disayangkan masih belum dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, padahal itu bila dikelola dengan baik dan benar tentunya akan bisa diandalkan untuk menambah PAD,”paparnya.

Menurut dia, Seruyan jangan sampai kalah dengan daerah lain dalam mengelola objek wisata. Karena daerah lain saat ini telah berlomba-lomba mempercantik dan memperindah lokasi wisata mereka dengan mendirikan berbagai macam fasilitas dan wahana bermain, bahkan rumah menginap seperti vila untuk bisa menarik wisatawan baik lokal maupun nasional.

“Untuk itu kita harapkan Pemkab Seruyan khususnya instansi terkait, agar lebih memaksimalkan sektor pariwisata ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga, jumlah pengunjung yang datang dapat mengalami peningkatan lagi yang akhirnya bisa berdampak meningkatkan PAD Seruyan dari sektor pariwisata ini,”tandasnya. (ay/hm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here