Tak Miliki Kelengkapan Surat, Ratusan Pengendara di Seruyan Ditilang

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com – Memasuki dua belas hari dilaksanakannya giat Operasi Patuh Telabang di Kabupaten Seruyan, tercatat sudah ratusan pengendara yang terjaring dan mendapat teguran dari petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kabupaten Seruyan. 

“Selama operasi ini kita melakukan tilang sebanyak 190 dan teguran sebanyak 71,”kata Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting melalui Kepala Bagian Operasional Polres Seruyan AKP Wahyu Edy Priyanto Senin (7/5/2018).

Ia mengatakan, para pengendara yang ditilang dan mendapat teguran tersebut karena tidak memiliki kelengkapan surat-menyurat kendaraan seperti tidak membawa SIM dan STNK kendaraan bermotor.

Kemudian, tidak menggunakan kelengkapan keselamatan seperti helm dan sabuk pengaman. 

“Dalam masa operasi kali ini juga ada satu kali kejadian kecelakaan lalu lintas dimana dua orang korbannya mengalami luka ringan,”ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Seruyan AKP Budiono menambahkan, selama Operasi Patuh Telabang 2018 yang dilaksanakan oleh jajarannya selama 12 hari tersebut. Jumlah barang bukti yang diamankan berupa kendraan roda dua atau motor sebanyak 25 unit, SIM sebanyak 88 buah dan STNK sebanyak 102 buah.

“Jumlah tersebut kemungkinan besar bertambah hingga waktu pelaksaan operasi selesai pada 9 Mei 2018 mendatang,” terangnya.

Giat operasi ini lanjut dia, merupakan kegiatan yang selalu diagendakan setiap tahunnya dan sebelum Operasi Patuh Telabang sebelumnya dilaksanakan Operasi Keselamatan Telabang yang orientasinya lebih kepada peneguran daripada penindakan.

“Dalam operasi kali ini kita menegaskan penindakan, terutama pelanggaran yang jelas terlihat mata seperti tidak melengkapi kendaraannya seperti tidak memasang spion dan kendaraan yang tidak lengkap lainnya,”paparnya.

Pada kesempatan itu ia mengimbau agar kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Seruyan dapat mematuhi peraturan lalu lintas dan saling menjaga keamanan, keselamatan dan ketertiban serta kelancaran lalu lintas.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kesadaran kita akan keselamatan berlalu lintas,”tandasnya. (vs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here