Connect with us

Pemkab Kobar

Realisasi CSR, PT BGA Gelar Baksos Pengobatan Gratis di Desa Palih Baru

Seluruh petugas CSR dan kesehatan PT BGA Region 3 sedang poto bersama seuai baksos pengobatan gratis di Desa Palih Baru Rabu (4/4).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – PT. Bumitama Gunajaya Abadi (BGB) anak perusahaan dari PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA) yang berada di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), kembali mewujudkan program corporate social responsbility (CSR) nya kepada masyarakat sekitar kebun, dengan mengadakan bakti sosial (baksos) pengobatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di Desa Palih Baru Kecamatan Kolam Kabupaten Kobar. Kegiatan CSR mengusung tema “Bakti Sosial BGA Peduli” ini, dilaksanakan pada Rabu (4/4/2018) lalu.

Petugas kesehatan PT BGB sedang memberikan layanan pengobatan gratis kepada warga Desa Palih Baru.

Koordinator CSR PT. BGA Region 3, Rudhyaksa Putera, SH mengatakan, kegiatan CSR ini merupakan bentuk kepedulian sosial perusahaan terhadap masyarakat yang tinggal disekitar wilayah kebun. Program CSR ini, yang ke-2 dilaksanakan di tahun 2018, setelah sebelumnya program juga telah dilaksanakan di Desa Rungun Kecamatan Kolam.

“Pada tahun 2017 lalu, kita juga melaksanakan program CSR ini di tiga desa. Yakni Desa Sakabulin, Lalang, dan Kinjil Kecamatan Kolam,”ungkap Rudhyaksa Putera didampingi Pimpinan Polibun dr. Donni Suwardono kepada Kalteng Ekspres.com Senin (9/4/2018).

Dijelaskan Rudhyaksa, baksos ini dalam bentuk pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat Desa Palih Baru. Meliputi pemeriksaan dan pengobatan ibu hamil dan lanjut usia (lansia), pemberian vitamin kepada balita, serta khitan.

Sementara sasaran peserta dari kegiatan  ini lanjut dia, adalah masyarakat desa baik balita, anak-anak, orang dewasa, dan lansia tanpa terkecuali, dengan harapan selain memberikan pelayanan kesehatan gratis, masyarakat bisa memahami bahwa keberadaan perusahaan dilingkungan desa juga dapat memberikan dampak positif secara langsung kepada masyarakat, baik dari segi perekonomian maupun dari segi kesehatan.

“Sudah sepatutnya perusahaan wajib melaksanakan tanggungjawab sosialnya, melalui bidang sosial ekonomi, budaya, kesehatan, keagamaan, pendidikan dan Infrastruktur kepada masyarakat sekitar perusahaan. Sehingga diharapkan dengan adanya kepedulian terhadap lingkungan sekitar, akan tercipta sinergi, ke depan bisa  berdampak terjalinnya keselarasan dan hubungan yang harmonis,”papar Rudhyaksa.

Disamping itu tambah dia, CSR perusahaan juga berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat di segala bidang untuk menciptakan kesejahteraan dan pola hidup sehat dilingkungan masyarakat pedesaan. Hal ini dibuktikan dengan melakukan koordinasi bersama Puskesmas Ipuh Bangun Jaya dan Pustu Desa Palih Baru, serta Pemerintahan Desa (Pemdes) Palih Baru.

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas (Pls) Kades dan Sekretaris Pemdes Palih Baru Jafar Sodik yang mewakili masyarakat Desa Palih Baru mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PT. BGA yang telah melaksanakan program CSR  di desa setempat. Lantaran dengan adanya program CSR baksos ini kata dia, memberikan kontribusi positif kepada warga Palih Baru khususnya dalam mendapat pelayanan kesehatan secara gratis, seperti pengobatan dan pemeriksaan kesehatan.  

“Kita mengapresiasi kepada PT. BGA yang telah bekerjasama dengan Pemdes untuk mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat desa kami. Kedepannya kami beserta masyarakat desa berharap program CSR ini bisa terus terlaksana. Dalam rangka menjalin hubungan baik, antara masyarakat dengan perusahaan,”ujarnya.

Karena selama ini tambah dia, PT. BGA sudah banyak memberikan kontribusi seperti perbaikan jalan poros dari Desa Ipuh Bangun Jaya – Palih Baru – Simpang Kenawan yang baru-baru ini telah dilakukan.

“Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas segala partisipasi pihak perusahaan PT. BGA yang telah memberikan pengobatan gratis kepada warga kami  yang berjumlah sebanyak 345 KK, atau  982 jiwa,”paparnya.

Sedangkan dalam kegiatan ini jumlah pasien yang dilayani meliputi, pasien dewasa dan lansia sebanyak 70 jiwa, kemudian balita 95 jiwa, dan khitan sebanyak 2 orang anak. (hm)

loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement