Connect with us

Kobar

Budayakan K3 Dilingkup Perusahaan, PT KPC Peringati Bulan K3 Nasional

Salah seorang karyawan saat memperagakan simulasi Apar disaksikan Direktur PT KPC Padli Noor dan karyawan lainnya di halaman Kantor KPC di Pelabuhan Kalap Senin (12/2/2018).
PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dalam rangka membudayakan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dilingkup perusahaan, PT Kapuas Prima Coal (KPC) mengadakan upacara peringatan Bulan K3 Nasional. Kegiatan ini diisi dengan simulasi Apar serta pemaparan materi Basic Safety (Dasar-Dasar K3) di Port Site Pelabuhan Kalap Desa Bumi Harjo Kecamatan Kumai Kabupaten Kobar, Senin (12/2/2018). Kegiatan diikuti antusias oleh seluruh karyawan dan kontraktor perusahaan.

Direktur PT KPC Padli Noor dan seluruh karyawan sedang poto bersama seusai upacara dan simulasi.

Direktur Operasional PT KPC Padli Noor mengatakan, kegiatan ini rutin setiap tahun dilaksanakan pihaknya, dalam rangka memenuhi surat edaran Menteri ESDM No : 3748/37.04/DBT/2017 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 yang dikeluarkan pada 22 Desember 2017 lalu.

Tujuannya untuk membudayakan K3 dilingkup perusahaan. Karena menurut Padli, budaya K3 merupakan faktor utama dalam membentuk karakter karyawan. Lantaran budaya itu adalah kebiasan karyawan selalu bekerja dengan SOP dan JSA serta mengenali rizk dan hazard setiap jenis dan sifat pekerjaan termasuk menjauhkan karyawan dari tindakan tidak aman.

“Jadi kegiatan ini salah satu cara kita mensosialisasikan K3 kepada seluruh karyawan agar selalu bersikap dan  berperilaku aman (save behavior) dalam melakukan pekerjaan sehari-hari agar terhindar dari kecelakaan kerja,”ujar Padli Senin (12/2/2018).

Selain itu lanjut Padli, kegiatan itu juga merupakan bagian Program K3 PT. KPC yakni Prima Safe yang merupakan tools atau panduan bekerja aman bagi karyawan PT. KPC.

Sementara pada kegiatan tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Teknik Tambang PT KPC Tri Eko Animunarto. Seusai acara dilakukan pemberian safety reward, kemudian simulasi Penggunaan APAR dan Simulasi Basic Life Support (First Aid) serta Pemaparan materi terkait Basic Safety (Dasar-Dasar K3). 

Tercatat ada sebanyak 18 karyawan yang sudah melewati masa kerja lebih dari 10 tahun (1dekade) menerima penghargaan. Sedangkan 11 orang karyawan pelabuhan menerima Safety Award. Diharapkan dengan pemberian award ini menambah motivasi karyawan dalam bekerja dan semakin sadar akan pentingnya K3. (hm)
loading...
Advertisement
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement