Sembilan Poktan Lamandau Terima Alsintan dan UPPO dari Pemerintah Pusat

NANGA BULIK, Kaltengekspres.com – Sedikitnya 9 kelompok tani (Poktan) dari lima kecamatan se Kabupaten Lamandau menerima bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dan unit pengolah pupuk organik (UPPO), dari Pemerintah Pusat.

Bantuan hasil perjuangan anggota DPR RI Komisi IV Hamdani tersebut, diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Lamandau Sugiyarto, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Lamandau Sunarto kepada perwakilan 9 Poktan di halaman Kantor Distankan  Lamandau, Selasa (14/11/2017).

Sugiarto mengharapkan, bantuan itu agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan jangan hanya di simpan terparkir di rumah, kemudan apabila terjadi kerusakan ringan segera lakukan perbaikan.

“Jangan dipaksakan untuk digunakan, sebab nanti malah menimbulkan kerusakan yang lebih parah,”ujar Sugiyarto seusai menyerahkan bantuan.

Sementara itu, Qusdus Sabil selaku staf ahli Hamdani yang mewakili Hamdani dalam acara penyerahan bantuan tersebut mengatakan, Kalteng merupakan salah satu provinsi yang di perhitungkan untuk pengembangan padi organik. Yang mana Kabupaten Lamandau merupakan salah satu daerah yang masuk dalam proyek pengembangan penanaman padi organik untuk wilayah Kalteng.

“Meskipun luas lahannya tidak terlalu besar seperti dua kabupaten lainnya.Namun, itu juga tetap menjadi faktor penentu keberhasilan program pengembangan penanaman padi organik di Kalteng,”jelasnya ketika dimintai keterangan Selasa (14/11/2017).

Qusdus menambahkan, alat-alat ini dibiayai dari dana APBN oleh sebab itu diharapkan bisa semaksimal mungkin di manfaatkan, dan para poktan juga harus berkorban untuk perawan mesin. 

“Entah sistem sewa kepada setiap anggota poktannya atau dengan sistem iuran wajib untuk biaya perawatan atau bagaimana poktan menyiasati agar mesin ini dapat bermanfaat dengan maksimal,”ujarnya.

Sementara itu pantauan di lapangan. Bantuan yang diserahkan kepada lima Kecamatan tersebut terdiri dari lima buah hand traktor roda dua sebanyak 3 unit, pompa air portable, dan 2 buah UPPO. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here