Home / Seruyan

Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:13 WIB

Dewan Dukung Perubahan Nama Bandara dan RSUD

KUALA PEMBUANG – Kaltengekspres.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, M Erwin Toha mendukung pergantian nama bandar udara (bandara) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) oleh Pemerintah Kabupaten Seruyan.
“Saya mendukung rencana pergantian nama bandara dan RSUD yang masih menggunakan nama Kuala Pembuang dengan nama yang lebih baik,” kata Erwin di Kuala Pembuang, Selasa (17/10/2017).
Ia menilai, pergantian nama baru kedua fasilitas publik tersebut diperlukan untuk mendorong promosi agar lebih dekat dan dikenal masyarakat serta memiliki ciri khas ke daerahan.
“Yang terpenting pula, pemberian nama baru hendaknya berdampak positif terhadap pengembangan serta peningkatan kualitas pelayanan bandara dan RSUD itu sendiri,”ujar Erwin.
Kendati demikian, ia juga mengingatkan kepada Pemkab Seruyan untuk memastikan dengan baik penggunaan nama baru untuk bandara dan RSUD. Sehingga ke depan tidak ada permasalahan lagi di kemudian hari, terutama yang berkaitan dengan aspek legalitas.
“Kalau misalnya menggunakan nama tokoh, maka pastikan Pemkab Seruyan mendapat izin atau persetujuan dari ahli waris agar nanti tidak ada masalah,” katanya.
Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono mengatakan, pihaknya sudah berembuk dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat di lingkup Pemkab Seruyan untuk mengganti nama bandar udara dan RSUD.
Berdasarkan hasil rembuk, telah disepakati untuk nama bandara dirubah menjadi Bandara Kapten Mulyono. Nama Kapten Mulyono sengaja dipilih, karena Kapten Mulyono merupakan tokoh revolusi fisik melawan pasukan Belanda tahun 1947 di pedalaman Kalimantan, khususnya untuk wilayah hulu Sungai Seruyan pascaproklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Selain Kapten Mulyono, tokoh lain yang namanya akan digunakan untuk RSUD adalah Datuk Samudin yang merupakan tokoh sejarah dibalik berdirinya Kuala Pembuang yang kini menjadi Ibu Kota Seruyan.
“Kedua nama tokoh inilah yang telah disepakati untuk digunakan sebagai nama bandar udara dan RSUD. Namun ini masih menunggu persetujuan dari keluarga kedua tokoh tersebut,”ungkap Sudarsono.(vs)

Share :

Baca Juga

Seruyan

Bupati Seruyan Kembali Lantik Dua Pj Kades

Seruyan

Bupati Inginkan Pemuda Seruyan Tingkatkan Potensi

Seruyan

Pj Kepala Desa Lanpasa Bagikan Masker Kepada Warga

Seruyan

Pembangunan Pos Koramil Diharapkan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Seruyan

Pemkab Seruyan Janji Segera Perbaiki Jalan di Wilayah Hulu

Seruyan

Duh…Hanya Total 46 Orang Lulus Passing Grade Tes CPNS Seruyan

Seruyan

Polres Seruyan Bongkar Illegal Loging di Seruyan Hulu, 96 Kubik Kayu Ulin Disita

Seruyan

Pemkab Seruyan Peringati HUT Korpri dan Hari Guru