Peduli Masyarakat, PT BGA Bangun Fasilitas MCK dan Air Bersih di Desa Kinjil

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Perusahaan yang bergerak disektor perkebunan kelapa sawit, PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Region 3 Area 5 di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalteng, kembali menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat dengan melaksanakan program corporate sociality responsbility (CSR) nya ke masyarakat kecamatan setempat. 

Kali ini program CSR berupa pembangunan fasilitas umum yakni MCK dan air bersih, bagi masyakat yang tinggal di Desa Kinjil Kecamatan Kolam. Pembangunan fasilitas umum ini selesai dilaksanakan dan direalisasikan pada Jumat (8/9/2017) lalu. Pada hari itu juga dilakukan acara serah terima,  yang dihadiri oleh perangkat desa, tokoh pemuda, manajemen perusahaan seperti Region Head 3, Estate Manajer, dan Staff, serta tokoh masyarakat di Desa Kinjil.

Region Head PT BGA Area 5 Joko Catur Prasetyo mengatakan, pembangunan fasilitas umum bagi masyarakat Desa Kinjil Kecamatan Kolam ini, merupakan program rutin CSR PT BGA yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya, di beberapa desa yang masuk lingkup binaan CSR PT BGA Area 5.

Diharapkannya, dengan adanya fasilitas MCK dan air bersih ini ke depan dapat dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya oleh masyarakat Desa Kinjil. Karena wujud dari kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa yang berdampingan dengan perusahaan adalah salah satunya tersedianya fasilitas umum yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat umum itu sendiri.

“Karena itu kita berharap kerjasama ini akan terus berjalan dengan baik antara perusahaan dengan desa sekitar. Sehingga dapat bersama-sama mewujudkan cita-cita pembangunan yang merata di Kecamatan Kolam ini,”ungkap Joko Catur seusai meresmikan MCK di desa setempat Jumat (8/9).

Sementara itu Staf CSR Region 3 PT BGA Rudiyaksa Putra SH mengatakan, program pembangunan MCK dan Air bersih ini kerjasama perusahaan PT BGA menggandeng tokoh masyarakat Desa Kinjil dan Koperasi Kompak Maju Bersama (KMB).  Kegiatan pembangunan ini juga tidak lepas dari peran serta Kepala Desa (Kades) setempat, beserta perangkat dan tokoh pemuda Desa Kinjil.

“Tujuan dibangunnya fasilitas MCK dan air bersih ini pada umumnya untuk membantu masyarakat di desa setempat dan masyarakat desa sekitar lingkungan perusahaan.Yang mana hal ini salah satunya adalah untuk mengantisifasi kesulitan air bersih pada saat musim kemarau, karena masyarakat setiap tahun sangat kesulitan dalam mendapatkan air bersih, sehingga harus mengambil air dari sumber mata air didalam hutan atau pinggiran sungai yang jaraknya dari desa sangat jauh,”papar Rudiyaksa.

Disamping itu kata Rudiyaksa, pembangunan fasilitas tersebut juga supaya mengajarkan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pola hidup sehat dengan membiasakan diri buang air besar (BAB) pada tempat yang semestinya.

Sedangkan selaku perangkat Desa Kinjil, sekaligus mewakili masyarakat setempat Titus menyampaikan apresiasi serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada manajemen PT BGA, karena sangat memperhatikan masyarakat Desa Kinjil di berbagai bidang, salah satunya penyediaan fasilitas MCK dan air bersih di desa setempat.

“Bagi kami ini sangatlah bermanfaat dan fungsinya untuk melayani seluruh masyarakat di desa ini. Harapan kami semoga kerjasama ini dapat terjalin secara berkelanjutan untuk meningkatkan hubungan yang harmonis di masa-masa yang akan datang,”ungkapnya disela-sela kegiatan peresmian. (HM)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here