Lagi, Tumarno Pimpin PWI Kobar

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – Konfrensi VII Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang dilaksanakan di Hotel Arsela Pangkalan Bun Selasa (12/9), telah menetapkanTumarno S.IP sebagai Ketua PWI Kabupaten Kobar, untuk priode 2017-2020. Tumarno terpilih secara aklamasi dalam proses pelaksanaan pemilihan pengurus baru di konfrensi tersebut.

Ketua PWI Kalteng Sutransyah mengatakan, setelah terpilihnya kepengurusan baru PWI Kobar ini segera membenahi diri, dengan menata organisasinya, kemudian merangkul kalangan wartawan yang belum bergabung agar bisa menjadi anggota PWI Kobar. Disamping itu juga meningkatkan profesionalisme anggotanya dengan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW), mengadakan seminar dan pelatihan. Sehingga tidak ada lagi wartawan di Kobar ini disebut abal-abal.

“Wartawan itu harus berkualitas, dan profesionalisme. Jadi dalam menyajikan berita harus menjunjung tinggi kode etik jusrnalistik. Yakni menyajikan berita harus  berdasarkan fakta. Jangan banyak beropini. Karena pers ini memiliki peran penting sebagai kontrol sosial dan juga memberikan edukasi ke masyarakat,”papar Sutransyah saat menyampaikan sambutannya. 

Selain itu lanjut Sutransyah, dirinya juga mendorong pengurus yang terpilih ini agar segera menjalin sinergi, baik dengan Pemerintah Kabupaten Kobar (Pemkab) Kobar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta instansi lainnya. Sehingga kepengurusan baru yang dibentuk ini, bisa melaksanakan programnya dengan baik, serta berkontribusi dalam turut serta memajukan pembangunan daerah.

Sementara itu saat membuka konfrensi ini, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, di momen ini dirinya menyampaikan harapan agar PWI Kobar bisa menjalin sinergi. Terutama dalam memberikan informasi ke masyarakat. Sehingga keberadaan PWI ke depan bisa membantu Pemkab dalam memajukan pembangunan daerah.

“Jika dalam perjalanan pemerintahan kami ada kebijakan yang kurang pas.  Silakan wartawan menyampaikan kritikan.Jangan ditulis langsung di media. Melainkan disampaikan langsung terlebih dahulu supaya dibenahi, dan berita yang  disampaikan ke masyarakat bisa dipertanggungjawabkan,”papar Bupati.

Sementara itu dalam proses kegiatan konfrensi. Tahap awal dilakukan penjaringan, melalui voting suara yang diusulkan masing-masing anggota. Saat voting ini muncul empat nama yang diusulkan anggota, yakni Antung Toni, Irwanudin, dan Yuliantini, serta Tumarno.

Setelah dilakukan klarifikasi dengan menanyakan langsung kepada masing-masing calon yang diusulkan. Hanya Tumarno yang mengaku siap maju. Sedangkan tiga lainnya mengundurkan diri. Sehingga akhirnya terpilih secara aklamasi Ketua PWI Kobar Priode 2017-2020, Tumarno S.IP dan Wakilnya Nasikin, Sekretaris Samsyudin S.Hi dan Yuliantini, serta Bendahara Hamdi Asyari. (hm)

 

Baca Juga :  Dewan Dorong PBS Berkontribusi Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here