Home / Metro Palangka Raya

Sabtu, 9 September 2017 - 22:39 WIB

Kebakaran Lahan di Palangka Raya, Nyaris Merambat ke Lapas

PALANGKA RAYA, Kaltengekspres.com – Kebakaran lahan  mulai terjadi di Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Kali ini api melalap lahan kosong yang berada di belakang Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Palangka Raya pada Sabtu (9/9).
Kobaran api ini nyaris saja merambat ke Lapas setempat. Namun beruntung petugas pemadaman kebakaran (Damkar) Palangka Raya cepat turun kelokasi. Sehingga kurang lebih satu jam api berhasil dipadamkan menggunakan waterbooming.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan,  insiden kebakaran tersebut, terjadi sekitar pukul 13.50 Wib. Sumber api belum diketahui asalnya. Karena saat kejadian, api sudah membesar dan melalap lahan kosong di daerah setempat.

“Luas lahan yang terbakar sekitar 2 hakter, dan masih diselidiki penyebab kebakaran itu. Apakah dari masyarakat atau karena ada org yang membersihkan lahan,” ungkap Plt Kepala BPBD Kalteng Darlianj’ah Sabtu (9/9).

Ia menjelaskan, untuk pemadaman tersebut dilakukan oleh tim darat Badan Penanggulan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng, dibantu tim udara dengan heli Kamov operasi water booming.

Dikatakan Darlianj’ah, untuk di Kota Palangka Raya, kebakaran hanya terjadi satu titik. Namun untuk di beberapa kabupaten juga ada yang terjadi kebakaran.

“Ada hotspot juga di kabupaten lainnya, kita padamkan dengan water boom juga, karena tidak bisa diakses melalui jalur darat,” ujarnya.

Menurutnya, agar api mudah dipadamkan, saat terjadi kebakaran, pihaknya bersiaga standby 24 jam. Sambil berkoordinasi  dengan tim sapu api cepat dan pihak keamanan untuk menanggulangi kebakaran. Dimbau, masing-masing daerah melalui tokoh ada, tokoh masyarakat dan tokoh agama, harus bisa mensosialisasikan agar masyarakat sadar hukum, tidak boleh membakar lahan. (BA)

Share :

Baca Juga

Hukum Kriminal

Polisi Bekuk Pria Pemabuk dan Perampas Handphone

Metro Palangka Raya

Peralatan Laboratorium BSL 2 RSUD Doris Sylvanus Mulai Dilengkapi

Lintas Kalimantan

PLN Berhasil Kembangkan Usaha Kelompok Tani Kalsel

Metro Palangka Raya

Pengedar Sabu Kelurahan Pahandut Diringkus Polisi

DPRD Kota

Perlu Keseriusan Tanggulangi HIV/AIDS

Metro Palangka Raya

Angkasa Pura II Sebut Bandara Tjilik Riwut Masih Beroperasi

Metro Palangka Raya

Tetangga Tega Embat Uang Pedagang Sayur

Metro Palangka Raya

Toko Servis Laptop dan Komputer Dibobol Pencuri