Pembangunan Pelabuhan Panglima Utar Digenjot Oktober

PANGKALAN BUN, Kaltengekspres.com – PT Pelindo III Kumai, mencanangkan proyek pembangunan Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), akan dimulai pada Oktober 2017 mendatang. Hal itu diungkapkan oleh GM PT Pelindo III Kumai, Jasri, di kantornya Kamis (24/8).

Menurut Jasri, peletakan batu pertama mega proyek tersebut direncanakan bertepatan dengan hari jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kobar, yakni pada 3 Oktober.

“Tapi waktu persisnya menunggu ibu Bupati, menyesuaikan jadwal beliau. Yang pasti kita mengambil momen bertepatan dengan hari ulang tahun Kobar,”ungkap Jasri.

Dia menjelaskan, proyek pembangunan penumpang itu dianggarkan sekitar Rp35 miliyar, dari dana APBN. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap, dan ditargetkan pada 2019 sudah operasional.

“Akan dibangun lebih besar dan bertingkat tiga. Kalau sekarang hanya berkapasitas 750 penumpang, nanti bangunan baru kapasitasnya 1500 penumpang. Modelnya juga lain. Atapnya akan berbentuk seperti rumah adat di sini (Kobar), untuk mengangkat kearifan lokal,”papar Jasri. (no)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here